n Acara Mitoni untuk Kelancaran Persalinan « Acara Mitoni

Minggu, 03 Mei 2015

Acara Mitoni untuk Kelancaran Persalinan

By Unknown   Posted at  02.57   Tingkeban No comments

Acara Mitoni untuk Kelancaran Persalinan - Saat usia kehamilan sudah memasuki bulan ketujuh biasanya sering diadakan acara ritual seperti tujuh bulanan. Hal ini dipercaya masayarakat Jawa dapat membuat calon ibu sehat, anak lahir dengan selamat dan persalinannya lancar.



Upacara Tingkeban (Acara Mitoni) meruapakan salah satu tradisi masyarakat Jawa. Upacara ini disebut juga dengan mitoni yang berasal dari kata pitu atau tujuh. Upacara ini dilaksanaakan saat seseorang sudah memasuki usia kehamilan tujuh bulan dan pada saat kehamilan pertama kali.

Acara mitoni ini dilakukan sebagai simbol ucapan syukur kepada Tuhan untuk keselamatan calon orangtua dan anaknya. Bayi yang akan dilahirkan juga diharapkan sehat, selamat serta kelahirannyapun berjalan lancar. (Baca : Susunan Acara Mitoni)

Dalam acara mitoni beberapa langkah ritual dilakukan seperti siraman, pendandanan hingga angreman. Untuk upacara siraman biasanya dilakukan di kamar mandi atau tempat khusus untuk siraman yang berada dihalaman belakang atau samping rumah.

Setelah prosesi siraman, kendi yang digunakan untuk mengucurkan air suci dilemparkan ke tanah. Jika kendi tersebut pecah berarti akan lahir seorang bayi perempuan dan jika tidak pecah berarti bayi yang dilahirkan adalah laki-laki.

Telur digunakan untuk acara angreman yang artinya mengerami telur. Dalam langkah ini, kedua calon orangtua duduk diatas tumpukan kain yang tidak dipakai seolah-olah sedang mengerami telur hingga waktunya menetas. Cara ini menyimbolkan bahwa bayi akan telur terjaga hingga waktunya dilahirkan.

Hingga saat ini saat acara tujuh bulanan rujak masih menjadi salah satu simbol. Calon orangtua akan berjualan rujak dan juga es dawet plecing dengan alat pembayaran berbentuk uang, kreweng atau pecahan genteng yang ditaruh dalam kuali. Kuali yang berisi uang akan dipecahkan, hal ini menggambarkan bayi yang lahir akan mendapatkan rezeki(Acara Mintoni)

About the Author

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun. Hubungi 0821-1397-7536 untuk tentang mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.
View all posts by: Rias Pengantin Bogor

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

Hubungi Kami

Ibu Hj. Suhartiningsih

Terra Griya B-9
Jalan Raya Semplak, Bogor

Hp : 0821-1397-7536
WA : 0817-20-5958

Email : rias.pengantin.bogor@gmail.com

Total Tayangan Halaman

Lokasi Kami

© 2013 Acara Mitoni. Distributed By Blogger Themes | WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.